Gunung Merapi Jawa Tengah Gunung Berapi Aktif Tapi Memiliki Sejuta Pesona

Gunung Merapi - Di Pulau Jawa terdapat beberapa gunung berapi aktif, salah satunya adalah Gunung Merapi. Gunung ini termasuk dalam jajaran gunung berapi paling aktif di dunia. Memang hingga saat ini, Gunung Merapi telah beberapa kali menunjukkan potensinya untuk meletus, tapi sesungguhnya peran gunung ini bagi masyarakat sekitar sangatlah penting. Letusan dari gunung ini menyebarkan abu dan mineral vulkanik hingga ke sekitarnya dan membuat tanah di sekitar Gunung Merapi menjadi sangat subur dan penduduk pun mulai bercocok tanam dan berdatangan dari seluruh penjuru untuk ikut serta. Gunung ini memiliki ketinggian 2.911 mdpl dan menjadi tempat tinggal beberapa flora dan fauna yang hidup di sekitarnya. Masyarakat lokal menganggap gunung ini memiliki kekuatan yang besar, hingga di setiap tahunnya saat penobatan Sultan, dibawakanlah persembahan yang berasal dari Keraton untuk Gunung Merapi agar roh-roh yang menjaganya tetap membawakan kesejahteraan bagi semua masyarakat. Jika Anda ingin berkunjung ke Gunung Merapi, Anda bisa memastikan keadaan vulkaniknya terlebih dahulu.

keindahan gunung merapi

Akomodasi

Bila anda ingin mengunjungi tempat ini, tersedia beberapa kawasan menginap sederhana di bagian lereng Gunung Merapi.

Tips

puncak garuda gunung merapi

Karena gunung ini bercuaca dingin, bila Anda ingin melakukan trekking maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah membawa pakaian yang hangat, air minum yang cukup, serta sepatu yang nyaman. Bila memang daerah telah ditetapkan status bahayanya, maka batalkan perjalanan Anda karena memang aliran lahar akan memiliki daya yang besar.

Transportasi

Terdapat dua cara untuk bisa sampai ke Gunung Merapi. Yang pertama, Anda bisa berangkat dari Yogyakarta ke arah bukit Kaliurang menggunakan mobil atau angkutan umum. Atau, Anda bisa berangkat ke Selo dari Muntilan atau Boyolali sambil menikmati pemandangan yang istimewa.
muncak gunung merapi
muncak gunung merapi
Baca Juga : Puntuk Setumbu Magelang, View Surise yang Elegan

Kegiatan

Anda bisa melaksanakan wisata lava tour yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sleman dengan melihat bekas daerah yang sudah menjadi bekas daerah yang terkena lava. Beberapa daerah yang diwisatakan bahkan meliputi lava dingin yang ketinggiannya sudah mencapai angka 20 meter, menjadi ketertarikan sendiri untuk dilihat dari jarak dekat.
gunung merapi jawa tengah
gunung merapi jawa tengah

Demikian adalah ulasan mengenai gunung merapi jawa tengah. Untuk kalian yang suka muncak, mungkin ini menjadi salah satu destinasi tambahan di daftar gunung yang wajib kalian panjat. Karena selain memiliki ketinggian yang lumayan, gunung merapi juga memiliki track yang lumayan karena berpasir dan berbatu. Untuk kalian yang sudah sampai puncak garuda merapi silahkan berikan komentar kalian di kolom komentar. Sekian dari jejaksandal dot com dan terima kasih semoga bermanfaat.
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Gunung Merapi Jawa Tengah Gunung Berapi Aktif Tapi Memiliki Sejuta Pesona"

Posting Komentar