Desa Prailiu - Kampung Eksotis Nusa Tenggara Timur Yang Tak Tergerus Waktu

Kampung Eksotis Desa Prailiu - Desa Prailiu atau yang disebut juga sebagai Kampung Adat Prailiu merupakan ibukota kerajaan lewa kambera. Desa adat yang tak termakan oleh kemajuan waktu ini terletak di bagian Timur kota Waingapu. Keaslian kampung adat ini ditandai dengan adanya rumah adat yang diistilahkan sebagai Uma Mbatang atau Uma Hori, lalu terdapat pula kuburan megalitik yang dinamakan reti, serta patung (penji) juga beberapa benda purbakala yang terpelihara. Terdapat pula selendang dan sarung tenun ikat yang menambah kekayaan tradisi di kampung adat ini.

desa prailiu ntt
desa prailiu ntt
Lihat Juga : Rumah Pohon Pabangbon Leuwiliang Bogor (Lokasi, Tiket Masuk)

Akomodasi

Untuk tempat beristirahat, Anda bisa menemukan beberap homestay dan hotel yang terletak di Waingapu.

Tips

Di sini memang dijual beberapa hasil kain tenun, dan wisatawan yang datang dianggap sebagai pembawa profit bagi masyarakat sekitar. Maka, lakukan transaksi Anda dengan seksama agar tidak membeli dengan harga yang terlalu tinggi. Bincangkan terlebih dahulu dan bila Anda ramah, mungkin penjual akan membantu dengan menurunkan harga yang diberikan. Untuk mengetahui beda kain tenun asli, biasanya mereka dibuat dari bahan alami sekitar hasil kampung dengan proses yang panjang. Pewarnanya pun terbuat dari bahan alami yang dibuat dari bahan-bahan di sekitar tempat tersebut. Biasanya warna biru berasal dari pohon nira, sedangkan warna kemerahan dibuat dari akar pohon mengkudu. Keseluruhan proses ini pun dilaksanakan secara manual.
desa prailiu nusa tenggara timur
desa prailiu nusa tenggara timur


Transportasi

Untuk mencapai tempat ini, sewalah mobil dari bandara Waingapu. Bila Anda menginap di hotel, tanyakan pula apakah mereka memiliki servis jemputan untuk mengantar Anda ke sana. Tersedia pula motor taksi dalam kota yang bisa digunakan untuk membawa Anda berkeliling.

Kuliner

Jangan lupa menikmati kios makanan yang menjual ikan bakar di sekitar daerah ini dengan ikan yang segar dan diproses dengan cepat.

Kegiatan

keindahan desa prailiu dari kejauhan
keindahan desa prailiu dari kejauhan

Saksikan pula padang rumput sabana yang indah di daerah ini sebagai tambahan dari petualangan Anda di Nusa Tenggara. Selain itu, Anda juga mendapatkan kesempatan melihat proses penenunan kain yang dilakukan masyarakat lokal secara langsung.


Demikian adalah ulasan mengenai tempat wisata kampung eksotis desa prailiu. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk seobat jejaksandal. Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial kalian. Sekian dari sobat jejaksandal.com dan have fun with travelling.
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Desa Prailiu - Kampung Eksotis Nusa Tenggara Timur Yang Tak Tergerus Waktu"

Posting Komentar