Danau Tolire Danau Gaib di Ternate ?

Danau Tolire Ternate - Di Pulau Ternate, Maluku Utara, terdapat danau yang dianggap gaib oleh masyarakat sekitar, yakni Danau Tolire. Danau ini  berlokasi di selatan Gunung Gamalama dan memiliki dua danau, yakni Tolire Besar dan Tolire Kecil yang berjarak sekitar 200 meter satu sama lain. Masyarakat menyatakan bahwa volume air ini tidak pernah berubah, bahkan airnya hampir tak beriak. Spesialnya danau ini adalah di musim panas, warna danau berubah menjadi hijau pekat, dan ketika musim penghujan datang, warnanya menjadi coklat.

danau tolire ternate
danau tolire ternate
Danau Tolire Besar berbentuk loyang besar, yang dipercaya masyarakat berhubungan dengan Laut Ternate secara langsung.

Akomodasi

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda bisa bermalam di ternate yang terbilang kota besar dengan beragam tempat penginapan yang bisa disesuaikan dengan kantong Anda.

Tips

Danau Tolire merupakan habitat berjenis burung dan ikan, namun warga tidak mau berburu di sekitar danau karena mereka yakin bahwa danau dijaga ileh buaya gaib raksasa. Dipercaya, buaya tersebut sesekali menunjukkan diri di tengah danau. Jadi, Anda pun hendaknya menghormati kepercayaan masyarakat setempat ini.

danau tolire ternate maluku utara dari dekat
danau tolire ternate maluku utara dari dekat
Lihat Juga : Sejarah Monumen Kapal Selam Surabaya

Transportasi

Danau ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari Ternate, jadi Anda bisa menggunakan kendaraan ataupun motor sewaan untuk mencapai daerah ini.

Kuliner

Di Ternate, terdapat makanan khas disebut gohu ikan yang dibuat dari ikan tuna mentah, semacam sashimi dari Ternate. Makanan ini hanya akan ada pada saat musim ikan tuna, dan tidak dapat digantikan dengan ikan yang lain karena teksturnya yang berbeda akan menciptakan rasa yang berbeda pula daripada yang ditujukan oleh masyarakat sekitar biasanya. Selain itu, papeda juga patut dicoba, masakan dari sagu berstruktur seperti lem dan disantap dengan ikan kuah soru (ikan asar) yang diasap dengan sabut kelapa dan bercita rasa kaya.

Kegiatan

tempat wisata danau tolire maluku utara
tempat wisata danau tolire maluku utara
Anda dapat menikmati indahnya danau ini dan mendengar kisah orang sekitar mengenai danau yang tak kunjung habis ini. Jangan lupa abadikan dengan kamera, terutama saat burung-burung melintasi danau dan menciptakan pemandangan yang indah.



Demikian adalah ulasan jejaksandal dot com mengenai danau tolire ternate maluku utara. Apakah kalian penasaran untuk mengunjungi danau tolire di Ternate tersebut ? Silahkan tuliskan komentar kalian di bawah. Sekian ulasan dari jejak sandal dot com dan semoga bermanfaat.
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Danau Tolire Danau Gaib di Ternate ?"

Posting Komentar