7 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat Yang Fenomenal

Tarian Tradisional Dari Jawa Barat – jika di posting yang lalu matajatim membagikan tentang 10 tarian tradisional pulau bali yang dikenal hingga ke penjuru dunia maka dikesempatan kali ini akan membahas tentang tarian tradisional khas jawa barat yang  juga cukup terkenal dan sebagai masyarakat Indonesia kita patutlah menjaga kelestariannya , berikut 7 tarian tradisional dari jawa barat yang populer.

1. Tari Topeng Cirebon
 
Sesuai dengan namanya tari ini berasal dari Cirebon jawa barat, yang mana tarian ini diambil dari kisah Sunan Gunung Jati yang diperankan oleh 5+penari  dengan cirri khas memakai topeng, setiap penari  memakai topeng yang berbeda warna dan bentuknya, karena topeng tersebut juga mewakili karateristik dari tema tersebut.

2. Tari Wayang 
 
Kesenian wayang golek memang sangatlah dikenal di tanah jawa , yang mana seni tersebut masih sering dipentaskan di beberapa acara televisi, namun tahukah anda jawa barat juga punya tari wayang yang mana tarian tersebut diambil dari salah satu karakter wayang golek yang gerak tarinya mengikuti alur cerita pada temanya, kostumnyapun disesuaikan dengan karakter wayangnya sendiri yang diiringi dengan music gamelan asal jawa barat.

3. Tari Merak
 
Tarian dari jawa barat berikutnya ialah tari merak, seni tari tradisional ini berasal dari tanah pasundan yang di ciptakan oleh Raden Tjetje Somantri, sesuai dengan namanya kostum penari ini membentuk bak burung merak yang melenggak lenggok dan mengibaskan sayapnya. Poin utama dari tarian ini ialah keindahan dan kecantikannya yang mampu membuat penontonnya terkagum.-kagum.

4. Tari Jaipong 
 
Tarian yang sangat fenomenal  di jawa barat yang diciptakan oleh Gugum Gumbira ini masih sangat terjaga akan kelestariannya, bahkan di jawa barat terdapat  sebuah komunitas penari jaipong yang banyak diminati para pecinta seni dan budaya.

5. Tari Ketuk Tilu
 
Tari ketuk tilu ini berasal dari sunda, jawa barat. Menurut cerita rakyat dahulu tari ini diggunakan untuk penyambutan datangnya masa panen yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap Dewi Sri, namun dengan seiringnya perkembangan zaman tarian ini kini bersifat hiburan saja. Kostum khas tari ketuk tilu ini cukup unik , pria menggunakan baju kampret khas jawa barat dan wanita menggunakan kebaya, selendang dan gelum yang menjadi cirri khas masyarakat jawa dimasa lalu

6. Tari Buyung
 
Tarian yang cukup unik dari jawa barat yang diciptakan oleh Emalia Djatikusumah ini merupakan tarian yang dipentaskan ketika upacara seren tahun, tarian ini nmemiliki kelebiah tersediri dan butuh kelihayan karena para penari akan menopang tanah liat yang membentuk kendi dan buyung diatas kepalanya, konon tarian ini memiliki makna tersendiri yang berbunyi ‘dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung’

7. Tari ronggeng Bugis
 
Tarian ini juga cukup unik dimana penarinya lakik-laki yang berpakaian wanita, biasanya tarian ini dibawakan oleh 20 orang lebih yang bertemakan komedi untuk menghibur para penontonnya, make up yang tebak terlihat seperti topeng merupakan ciri khas dari tarian ini.
Itulah 7 tarian tradisional dari jawa barat yang cukup fenomenal, semoga bermanfaat.
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "7 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat Yang Fenomenal"

Posting Komentar