Kampung Warna Warni (Sungai kalilo) Banyuwangi , Satu Lagi Spot Kece Nih

Kampung warna-warni di jawa timur tidak hanya terdapat di kota malang saja , kota banyuwangi juga menciptakan view pemandangan yang menawan yaitu kampung warna-warni sungai kalilo Banyuwangi, sungai yang dulunya hanya mnjadi pemandangan yang biasa-biasa saja bahkan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah kini disulap menjadi pemandangan yang cukup cantik, fress bahkan berpotensi sebagai obyek wisata baru.
Warna Warni Sungai kalilo banyuwangi
Warna Warni Sungai kalilo banyuwangi (via instarix.com)

Wajah baru warna-warni sungai kalilo ini merupakan kerjasama dari Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya dan Pemkab Banyuwangi yang didukung oleh masyarakat sekitar, mereka bergotong royong kurang lebihnya 90 alumni, pemkab banyuwangi dan masyarakat melakukan pengecatan dan bersih-bersih untuk membuat Sungai Kalilo tampil lebih indah dan sedap dipandang.

Lokasi Kampung Warna Warni Banyuwangi
Bantaran sungai kalilo ini berlokasi di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya obyek ini juga sangat strategis yaitu berada di tengah kota dan hal tersebut membuat wajah kota banyuangi tampil cerah bak pelangi.
Sungai Kalilo sendiri memiliki nilai sejarah dan fungsi yang cukup vital dimasa lalu bagi warga banyuwangi, menurut cerita yang berkembang di masyarakat  nama Kalilo berasal dari Kali yang artinya Sungai dan Elo merupakan nama pohon yang dulu banyak tumbuh di kelurahan Singonegaran, sungai kalilo ini dulu bisa dimanfaatkan kejernihannya bahkan sungai ini juga banyak menginspirasi lagu-lagu banyuwangi, dan langkah mengubah wajah baru bantaran sungai kalilo ini diharapkan mampu merubah minset masyarakat supaya tidak mengotori sungai dan membuang sampah sembarangan dan upaya Pemkab Banyuwangi tersebut dilakukan dengan serius melalui Program Banyuwangi Berwarna dan  Festival kali bersih yang dilakukan di tahun 2015 lalu.
 
Festival kali Bersih
Festival kali Bersih (via banyuwangibagus.com)
Wisata Menarik lainnya di banyuwangi : Wisata Hutan Pinus Songgon, Spot Selfie Kece di Banyuwangi

Seperti yang tertulis di banyuwangikab.go.id Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan sungai harus menjadi wajah Banyuwangi yang mencerminkan budaya masyarakatnya. Di banyak negara maju seperti Korea dan Prancis sungai menjadi bagian penting kota yang sangat dijaga kebersihannya dan menjadi simbol kemajuan budaya penduduknya. Kami ingin masyarakat Banyuwangi bisa mulai memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan sungai. Mari jadikan sungai sebagai halaman depan kota kita yang bersih dan indah,” kata Bupati Anas saat melakukan bakti sosial warga Banyuwangi di sekitar Kali Lo, Banyuwangi, Sabtu (12/10).

Sungai Kalilo yang kini tambil bersih dan berwarna ini bisa menjadi spot indah dan menarik untuk mengabadikan momen liburanmu…
Demikianlah Informasi Tentang Kampung Warna Warni (Sungai kalilo) Banyuwangi, Semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda..


Sangat berterimakasih sekali jika pengunjung yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Kampung Warna Warni (Sungai kalilo) Banyuwangi , Satu Lagi Spot Kece Nih"

Posting Komentar