Pantai Sukamade Banyuwangi, Sensasi Liburan ke Istana Penyu

Pantai Sukamade - Kota Banyuwangi yang juga dikenal dengan julukuan kota gandrung ini menyimpan banyak keindahan alamnya yang menawan, ragam tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang memanjakan membuat kota ini sangat nyaman untuk tujuan liburan di ahir pekan, pesona wisata banyuwangi ini tidak hanya digandrungi oleh masyarakat local dari luar negeripun mulai berdatangan, beberapa destinasi wisata yang populer dibanyuwangi yaitu pantai pulau merah, pantai plengkung, taman wisata baluran, pantai watu dodol , gunung ijen, teluk hijau dan masih banyak destinasi lainnya yang menakjubkan. Dikesempatan kali ini matajatim akan membahas tentang salah satu destinasi pantai unik di banyuwangi yaitu pantai sukamade banyuwangi , pantai ini terbilang sangat populer di banyuwangibahkan pantai sukamade ini menjadi tujuan utama bagi para wisatawan saat berkunjung ke banyuwangi.
Pantai Sukamade
Pantai Sukamade (via merunetiri.com)

Lokasi/Alamat Pantai Sukamade

Pantai sukamade ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri tepatnya di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur Indonesia.
Untuk akses menuju lokasi terbilang cukup menantang , rutenya searah dengan wisata pantai teluk hijau dan rajekwesi, jika dari teluk hijau jaraknya sekitar 15Km ke sukamade, meski jarak terbilang dekat namun akses yang akan anda lewati cukup memacu andrenalin anda akan melewati jalanan berbatu dan melewati sungai, jalan ini bisa ditempuh menggunakan mobil maupun sepedamotor.
Perjalanan menuju pantai sukamade
Perjalanan menuju pantai sukamade (via tripadvisor)


Keunikan dan keindahan pantai sukamade
Taman Nasional Meru Betiri dikenal dengan sebutan surganya flora dan fauna, seperti wisata pantai ini yang dikenal dengan habitat penyu bertelur di pantai ini terdapat habitat tempat penyu-penyu raksasa yang mulai langka untuk bertelur dan dikawasan pantai sukamade ini terdapat penetasan semi alami untuk menetaskan telu-telur penyu yang dikelola oleh petugas dan tentunya pengunjung bisa menyaksikan secara langsung penangkaran penyu hingga pelepasan anak penyu (tukik) ke laut.
Penyu di pantai sukamade
Penyu di pantai sukamade


Penyu di Pantai Sukamade
Dipantai sukamade ini terdapat 4 (empat) spesies penyu bertelur yaitu penyu sisik (Eretmochelys imbricate) , penyu hijau (chelonia mydas), penyu slengkrah (Lepidoshelys Olivacea) dan penyu blimbing (Dermochelys Coriacea). Dari ke empat jenis penyu tersebut yang paling dominan dan banyak ditemukan bertelur dan mendarat di pantai tersebut ialah penyu hijau.
Sejarah Singkat Pantai Sukamade
Pantai sukamade pada mulanya ditemukan oleh koloneal belanda pada tahun 1927, dan pantai ini masuk dalam kawasan hutan lindung alam di jawa timur yang berhubungan dengan penangkaran penyu, di lokasi tersebut juga terdapat perkebunan kopi, karet dan coklat.

Aktivitas menarik di pantai sukamade banyuwangi
Penyu bertelur
Penyu bertelur (via www.indonesiatraveles.net)

Selain menyaksikan keindahan pantai dan view alamnya disini anda juga bisa menyaksikan saat penyu bertelur di pantai dan hal tersebut merupakan hal yang sangat berkesan dan mungkin tidak akan anda temukan di wisata pantai lainnya tidak hanya itu anda juga bisa melihat langsung penyu yang imut-imut mendarat di pantai tersebut, bagi pengunjung yang ingin melihat penyu yang bertelur bisa mengikuti tur dengan dengan pemandu yang tersedia di lokasi pantai tersebut.

Pelepasan Tuki (anak penyu)

Hal yang menarik yang tak boleh terlewatkan saat berlibur ke pantai sukamade ini ialah acara pelepasan tukik ke laut, para pengunjung diperbolehkan mnelakukan pelepasan tukik sendiri ke laut dengan syarat memberikan donasi secukupnya untuk UPKP. Dan saat pelepasan tukik tersebut anda akan dipandu cara memegang dan pelepasan yang benar.
Demikianlah Informasi Wisata Pantai Sukamade Banyuwangi, semoga bermanfaat sebagai referensi berlibur anda..


Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Pantai Sukamade Banyuwangi, Sensasi Liburan ke Istana Penyu"

Posting Komentar