25+ Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menakjubkan

Tempat Wisata di Sumatera Utara – pulau sumatera yang merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia ini menyimpan banyak potensi wisata yang mengagumkan , berbagai pulau, pantai , hutan dan ragam kebudayaan yang terdiri atas aneka ragam suku dan etnik membuat pulau sumatera ini sebagai tujuan wisata yang menarik dan patut di perhitungkan. Bagi anda yang ingin berlibur ke pulau sumatera maka posting kali ini matajatim.com yang berjudul daftar tempat wisata di sumatera utara bisa anda buat referensi, ok langsung saja simak ulasan berikut..

1. Wisata Danau Toba

wisata danau toba
wisata danau toba (via www.tripwolf.com)

Mungkin bagi masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi mendengan nama wisata danau yang satu ini karena memang danau toba sangatlah populer bahkan cerita legendanya juga dijadikan film dan sering tayang di televisi, danau toba memiliki keindahan yang sangat eksotis yang mana sebuah danau yang memiliki ukuran yang sangat luas dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau indah yang memanjakan mata.

Lokasi/Alamat Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara (Wikipedia)

2. Pulau Samosir 

wisata pulau samosir
wisata pulau samosir (via www.1001wisata.com)

Wisata pulau samosir ini berada di kawasan danau toba so…jika anda berkunjung ke danau toba maka maka anda juga bisa singgah dan merasakan keindahan wisata di pulau samosir tersebut , mengunjungi pulau samosir ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah, dipulau tersebut juga terdapat dua buah danau kecil yang menjadi spot wisata menarik yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek yang dikenal dengan julukan “danau diatas danau”

Lokasi Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Pulau Samosir biasa disebut pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

3. Wisata Air terjun Si Gura-Gura

wisata air terjun sigura-gura
wisata air terjun sigura-gura (via wisatasumutpaten.com)

Airt terjun sigura-guru juga merupakan salah satu wisata di sumatera utara yang cukup populer dan banyak diminati para wisatawan, lokasinya juga berdekatan dengan danau toba , air terjun si gura-gura ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian kurang lebihnya 250 meter, keindahan alam sekitar juga sangat memanjakan. Rimbunan pepohonan khas dataran tinggi juga Nampak indah menghiasi panorama di sekitar obyek wisata tersebut.

Lokasi Air Terjun Si Gura-gura

Wisata air ini berlokasi di Tapanuli Utara, Sumatra Utara

4. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Wisata air terjun dua warna
Wisata air terjun dua warna (via butuhpiknik.xyz)

Jika anda suka dengan wisata air terjun maka sangat disayang jika melewatkan wisata air terjun telaga dwi warna sibolangit ini, air terjun yang sangat indah dan unik ini sangatlah terkenal di kalang para wisatawan , air terjun yang jernih yang terjun bebas dari ketinggian 100meter dengan keunikan yaitu memiliki dua warna putih dan keabuan membuat wisata ini mempesona.

Lokasi Wisata Air Terjun Sibolangit

Air terjun dua warna ini berlokasi di Suka Makmur, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia.

5. Pantai Lagudri dan Pantai Sorake


Wisata Pantai Lagudri
Wisata Pantai Lagudri (via metroterkini.com)

Kedua pantai ini berada dalam satu garis pantai yang berjarak sekitar dua kilometer jadi pengunjung bisa merasakan keindahan 2 pantai sekaligus di saat yang bersamaan, kedua pantai ini dikenal dengan ombaknya yang cukup extrim dan hal tersebut menjadi surga bagi para peselancar, menginjakkan kaki di dua pantai ini tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan pasir putih cantik tapi pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan batu karang yang unik serta view laut lepas dengan ombak yang cukup menantang.

Lokasi Pantai Lagudri dan Pantai Sorake

Kedua pantai ini berlokasi di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Propinsi Sumatera Utara.

6. Danau Siombak

Wisata Danau Siombak
Wisata Danau Siombak (via medan.tribunnews.com)

Menyusuri keindahan sumatera utara memang tiada bosannya mungkin seharian tidak akan selesai karna banyaknya tempat-tempat wisata yang bermunculan, salah satu wisata buatan yang cukup populer yaitu Danau Siombak yang mana danau ini memiliki luas sekitar 40Ha, dengan diameter 1000m dan memiliki kedalaman lebih dari 12meter, selain bisa menyaksikan keindahan danau di wisata ini juga menyediakan aneka fasilitas umum untuk anak-anak, seperti kolam, mandi bola dan lain sebagainya, so…sangat pass sekali buat liburan keluarga.

Lokasi Danau Siombak

Wisata danau buatan ini berlokasi di Paya Pasir, Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20252, Indonesia.

7. Wisata Menara Air Tirtandi

 
wisata Menara Air Tirtanadi
wisata Menara Air Tirtanadi (via medanstory24.blogspot.com)

Sebuah penampungan air peninggalan belanda yang sangat bermanfaat bagi masyarakat medan ini didirikan pada tahun 1908, awalnya menara air ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air bersih hampir untuk seluruh masyarakat medan namun seiring perkembangan yang cukup pesat penampungan tersebut tidak mampu mencukupi kebutuhan air yang kian meluas dan kini hanya golongan menengah keatas saja yang diperkenankan memanfaatkan menara tersebut, karena bangunannya cukup tua dengan ketinggian 42 meter dengan beban 33 Ton ini menjadi obyek wisata yang cukup dikenal di sumatera utara, tidak sedikit yang berkunjung ke lokasi menara tersebut untuk sekedar menyaksikan bangunan dan berfoto-foto ria.

Lokasi Menara Air Tirtandi

Wisata Menara Air ini berlokasi di Jl. Pandu, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20212, Indonesia.

8. Wisata Bukit Lawang

Wisata Bukit lawang sumatera
Wisata Bukit lawang sumatera (via kemanaaja.com)

Wisata berikutnya yang populer di sumatera utara ialah wisata bukit lawang, wisata ini masuk dalam kawasan Taman nasional Gunung Lauser, karena lokasinya berada dalam pegunungan yang dipenuhi dengan rimbunan pepohonan hijau mampu membuat wisata ini terlihat indah dan menyejukkan mata, banyak aktivitas menarik yang ditawarkan wisata bukit lawang ini diantaranya Tubing, Trekking, melihat orang hutandan lain-lain, penginapan di wisata ini juga tersedia.

Lokasi Wisata Bukit Lawang

Wisata ini berlokasi di Kecamatan Baharok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

9. Wisata Kampung Madras

Wisata Kampung madras
Wisata Kampung madras (via www.jalanjajanmurah.com)

Wisata Kampung Madras yang juga di sebut kampong  Keling ini menjadi sebuah obyek wisata karena identik dengan Little India di kota Medan yang dilengkapi dengan sajian khas kuliner ala india, dikampung wisata ini pengunjung bisa melihat bangunan khas india seperti Kuil Suci Shri Mariamman Umat Hindu, Masjid Ghaudiyah dan aneka aksesoris Bollywood mulai dari pakaian hingga property peribadahan, persatuan antara hindu dan muslim kental sekali di kampong tersebut.

Lokasi Wisata Kampung Madras

Wisata kampong madras ini berlokasi di jalan Zainul Arifin medan, Sumatera Utara, Indonesia.

10. Wisata Rahmat Internasional Wildlife

Rahmat Internasional Wildlife
Rahmat Internasional Wildlife ( via wisatasumutpaten.com)

Wisata Rahmat Internasional Wildlife merupakan sebuah wisata museum dan galeri yang memamerkan beraneka ragam binatang yang telah di awetkan, dan wisata yang satu ini merupakan satu-satunya museum yang memiliki koleksi lengkap hewan yang telah diawetkan di Asia. Untuk tiket masukpun relative murah pengunjung dikenakan biaya masuk Rp.25.000 dan untuk safari malamnya rp. 10.000, bagi pengunjung yang ingin berfoto-foto dikenakan biaya tambahan Rp.20.000, wisata Rahmat Internasional Wildlife ini cukup ramai apalagi di hari-hari libur.

Lokasi Wisata Rahmat Internasional Wildlife

Wisata museum ini berlokasi di Jalan Letjend S. Parman No. 309, Medan Baru, Sumatera Utara 20153, Indonesia.

11. Wisata Gunung Sibayak

 
Wisata gunung sibanyak
Wisata gunung sibanyak (via www.lapakmedan.com)

Bagi anda yang mendaki berpetualang menyaksikan keindahan alam dari ketinggian maka wisata yang satu ini sangatlah ciocok untuk anda taklukkan saat berlibur ke sumatera utara , wisata Gunung Sibanyak inicukup populer di kalangan para pendaki karena keindahan dan tantangan nya sungguh menggoda , keindahan mata hari terbit yang terlihat eksotis dari atas gunung sibanyak ini akan membuat liburan anda tak terlupakan.

Lokasi Wisata Gunung Sibanyak

Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan, sumatera utara, Indonesia.

12. Wisata danau Law Kawar

Wisata danau lau kawar
Wisata danau lau kawar (via tempatwisata02.blogspot.com)

Wisata di sumatera utara yang satu ini menawarkan keindahan sebuah danau yang airnya berwarna biru dengan luas sekitar 200Ha, selain bisa menyaksikan pemandangan indah sebuah danau pengunjung juga akan dimanjakan dengan view gunung sinabung dan perkebunan sayur milik warga yang berada di kaki gunung tersebut, di lokasi wisata danau ini juga terdapat fasilitas bermain anak-anak yang akan membuat liburan keluarga anda menyenangkan.

Lokasi Wisata Danau Lau kawar

Danau cantik ini berlokasi di Desa Kutagugung, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk mencapai danau Lau Kawar yang berada 2.451 meter diatas permukaan laut. Wisatawan yang berangkat dari kota Medan bisa menempuh 3 jam perjalanan sejauh 70 kilometer.

13. Wisata Taman Nasional Gunung Leuser

 
Taman Nasional Gunung Louser
Taman Nasional Gunung Louser (www.penabiru.com)

Wisata Taman nasional Gunung Leuser Sumatera Utara ini sangatlah menarik banyak keindahan alam yang bisa di explore di taman tersebut seperti Danau, Gunung, Sungai , Pantai dan sumber air panas dan tidak hanya itu saja anda juga bisa menyaksikan kehidupan beragam satwa dan fauna yang kesemuanya tergolong langka dan dilindungi 

Lokasi Taman Nasional Gunung Leuser

Wisata Taman ini berlokasi di secara administrasi pemerintahan terletak di dua Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Aceh yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya,Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatera Utara yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Dairi, Karo dan Langkat.

14. Wisata Hillpark Sibolangit

Wisata Hillpark Sibolangit
Wisata Hillpark Sibolangit (via ikarsatours.com)

Wisata Hillpark Sibolangit yang juga dikenal dengan Green Hill City ini merupakan sebuah taman rekreasi yang memiliki banyak jenis permainan , dan merupakan sebuah taman permainan terbesar di sumatera, yah..mirip-mirip dengan Dufan di Jakarta lah.., wisata ini memiliki luas sekitar 20ha dan lokasi berada di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 550Mdpl.

Lokasi Hillpark Sibolangit

Wisata taman hillpark sibolangit ini berlokasi di Jalan Let Jend Jamin Ginting, Beringin, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20157, Indonesia.

15. Wisata Aek Sijornih

Wisata Aek Sijornih
Wisata Aek Sijornih (via beritapsel.blogspot.com)

Sebuah tempat wisata air terjun di sumatera utara yang cukup jernih dengan pemandangan hijau yang memanjakan bisa anda temui di Desa Aek Libung , wisata ini memiliki dua air terjun yang tidak terlalu besar yang terjun diantara tebing-tebing miring yang sedikit mengandung kapur, wisata ini memang tidak begitu ramai, namun cukup seru untuk dikunjungi.

16. Wisata Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Wisata salju panas dolok tinggi
Wisata salju panas dolok tinggi (via reyginawisataindonesia.blogspot.com)

Wisata yang satu ini merupakan merupan sebuah bukit kapur dengan warna yang unik yang terlihat layaknya sebuah danau, tanah yang berwarna putih bak salju yang dilengkapi dengan sebuah danau air panas yang berwarna biru, wisata ini belum begitu dikenal akses jalannya juga belum begitu bagus.

17. Wisata Air Terjun Si Piso Piso

Wisata air terjun sipiso-piso
Wisata air terjun sipiso-piso (via www.pedomanwisata.com)

Air terjun si piso piso ini merupakan wisata yang etrkenal hingga ke penjuru dunia karna memang keindahannya sangatlah menawan dan ketinggian air terjun ini mencapai 120 meter, di area wisata ini juga terdapat gardu pandang yang bisa untuk melihat keindahan hamparan tanah karo dan keindahan pulau samosir yang letaknya berada di tengah danau toba.

Lokasi Air Terjun Sipiso piso

Wisata air terjun ini berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus.

18. Penagkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang
Penangkaran Buaya Asam Kumbang (Via m.log.viva.co.id)

Taman Buaya Asam Kumbang merupakan salah satu taman reptile terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 2400 ekor reptile, wisata ini dibangun sejak tahun 1959, meski terdengar cukup berbahaya namun wisata ini terbilang cukup aman karena hewan tersebut diletakkan di kolam dan danau buatan yang sudah di desain secara aman.

Lokasi Wisata Taman Reptil

Wisata penangkaran buaya ini berlokasi di Jl. Bunga Raya II, Asam Kumbang, Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20128, Indonesia.

19. Wisata Danau Linting

Wisata Danau Linting
Wisata Danau Linting (via  medan.panduanwisata.id)

Wisata berikutnya di sumatera utara yang menarik untuk dikunjungi yaitu danau linting, meski namanya tidak sepopuler danau toba namun jangan kira wisata ini membosankan, danau linting ini merupakan sebuah danau vulkanik yang memiliki ukuran 1 Ha yang engandung belerang, danau ini memiliki warna kehijauan yang terlihat sangat indah, diwisata danau ini pengunjung bisa beranang maupun duduk santai sembari menikmati indahnya suasana danau tersebut.

Lokasi Danau Linting

Danau cantik ini berlokasi di Rumah Rih, Sinembah Tj. Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia.

20. Wisata Religi Maha ViharaAdhi Mitreya

Wisata Religi vihara
Wisata Religi vihara (via www.youtube.com)

Salah satu wisata religi yang cukup populer ialah Maha ViharaAdhi Mitreya yang mana merupakan tempat peribadatan agama Buddha yang memiliki suasana asri, sejuk dan view alam yang menggoda, selain beribadah biasanya para pengunjung berfoto-foto dan berjalan-jalan di area vihara tersebut.

Lokasi  Maha ViharaAdhi Mitreya

Wisata religi ini berlokasi di Jl. Cemara Boulevard Utara no 99-S Komplek Perumahan Cemara Asri Medan Sumatera Utara.

21. Istana Maimun

 
Wisata Istana Maimun
Wisata Istana Maimun (via meciko.blogspot.com)

Salah satu wisata yang kini menjadi ikon kota medan yaitu istana maimun yang merupakan peninggalan kerajaan Deli Sejak tahun 1946, istana seluas 2700meter ini dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli. Keunikan bangunan ini yang mampu menarik para wisatawan, desain yang yang berpadauan antara budaya melayu, islam, italia dan spanyol , membuat bangunan ini terlihat keren dan banyak di buru para selfie mania.

Lokasi Istana maimun

Wisata Istana ini berlokasi di Jl. Sultan Ma'moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151, Indonesia.

22. Wisata Taman Alam Lumbini

 
Wisata Taman Lumbini
Wisata Taman Lumbini (via vhhalym.blogspot.com)

Taman wisata ini terbilang sangat populer hingga ke penjuru kota di Indonesia. Wisata barastagi yang memiliki sebuah Pagoda yang mana pagoda tersebut tertinggi di Indonesia yang merupakan replica dari pagoda shwedago yang berada di Myanmar, selain itu di tempat tersebut juga terdapat lebih dari 2500 patung Buddha dan relief lainnya.

Lokasi Taman Alam Lumbini

Wisata ini berlokasi di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

23. Wisata Pulau Nias

Lompat batu Nias
Lompat batu Nias (danahauses.blogspot.com)

Pulau nias cukup dikenal hingga ke penjuru dunia karena dikenal dengan wisata budayanya yang unik, salah satunya yaitu lompat batu yang mana dinding batu setinggi 2meter dilompati oleh pemuda setempat dengan sangat mudah, jika anda berkunjung ke nias anda bisa menyaksikannya di Desa Bawomatauo, selain itu pantai di nias sangat di gemari para peselancar karena ombaknya cukup besar dan menantang.

24. Wisata Rohani Salib kasih

Wisata Religi Salib Kasih
Wisata Religi Salib Kasih (id.wikipedia.org)

Salib kasih merupakan sebuah bangunan yang berbentuk salib yang dibagun di atas bukit untuk mengenang jasa dan pengabdian dari Dr. ingwer ludwing nommensen yang merupakan seorang missionaries dari mars nordstrand, jerman yang menyebarkan agama Kristen di batak dan membebaskan batak dari animism. Munumen salib kasih ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan, dan berpose dengan monument tersebut merupakan hal wajib saat berada di salib kasih.

Lokasi salib kasih

Wisata salib kasih ini berlokasi di Sosunggulon, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia.

25. Masjid Raya Medan 

Wisata Religi Masjid Raya Medan
Wisata Religi Masjid Raya Medan (via 5antri.blogspot.com)

Masjid yang dibangun pada tahun 1906 memiliki desain yang unik dan mewah yang bergaya antara timur tengah, india dan spanyol, karna desain dan kemewahannya tidak sedikit para wisatawan yang singgah di masjid ini untuk beribadah dan menyaksikan keindahan bangunan tersebut.

Lokasi Masjid Raya Medan

Masjid ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Medan Kota, Medan, Sumatera Utara 20212, Indonesia.

Demikianlah Informasi Tentang Daftar Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menakjubkan, semoga bermanfaat..

Sangat berterimakasih sekali jika Pengunjung yang Terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "25+ Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Menakjubkan"

Posting Komentar