Gunung Andong Magelang, Surganya Para Pendaki

Gunung Andong merupakan sebuah gunung kecil jika dibandingkan dengan gunung lainnya di magelang seperti gunung merapi dan gunung mernbabu, meski gunung andong ini terlihat cukup kecil dengan ketinggian 1780mdpl namun tidaklah menguragi daya tarik bagi para pendaki bahkan tidak sedikit yang mengatakan bahwa puncak gunung andong ini merupakan surganya para pendaki di magelang, seperti apakah tantangan dan pesona keindahan di puncak gunung andong? Penasaran? , ok kesempatan kali ini matajatim akan mengulas tentang pesona alam dipuncak gunung andong, namun sebelumnya mari kita kenal dulu tentang gunung andong tersebut.

wisata puncak gunung andong
wisata puncak gunung andong (via nalacita.com)
Menurut wikipedia, gunung andong merupakan sebuah gunung yang bertipe perisai yang berlokasi di magelang, jawa tengah dan gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus, gunung andong ini memiliki ketinggian 1.463 m yang terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, gunug andong ini merupakan salah satu gunung yang melingkari magelang yang berdampingan dengan gunung Telomoyo, dan berada di perbatasan wilayah salatiga, semarang dan magelang.

Pesona Gunung Andong

Pesona Gunung Andong (via tripgabungan.com)
Diahir-ahir ini puncak gunung andong menjadi buah bibir di dunia maya khususnya di media social , dengan banyaknya pose-pose diatas puncak dengan pemandangan alam lepas yang sangat menawan membuat wisata puncak ini semakin popular dan mampu menarik para pendaki dari berbagai penjuru kota, puncak andong ini juga dikenal dengan julukan “punuk Unta”  kenapa? Karena gunung yang terbilang cukup mungil ini terlihat seperti punuk unta, keren kan..,  pendakian ke puncak ini tidaklah terlalu sulit bahkan bisa dikatakan nyaman bagi para pendaki pemula, untuk sampai di puncak gunung andong ini memerlukan kurang lebihnya 1jam berjalan kaki, cukup melelahkan memang namun disepanjang perjalan mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang istewa  bahkan tidak akan pernah anda temukan di tempat lainnya, apalagi sesampainya di puncak pasti semua lelah anda akan sirna melihat indahnya alam lepas kota magelang. hal yang tidak kalah menariknya ketika mendaki puncak andong ialah menyaksikan terbitnya sang fajar, dan hal tersebut merupakan fenomena yang dinanti-nanti oleh para pendaki puncak tersebut. Warna kemerahan dari ufuk timur yang terlihat di antara gunung merbabu yang berdiri kokoh bak bodyguard yang mengawal kedatangan sang fajar membuat siapa saja yang melihat terkagum dan ingin segera mengabadikan moen tersebut, so bagi anda yang berencana menaklukkan gunung andong maka camera merupakan barang yang harus dibawa..

Wisata Menarik lainnya di Magelang: Wisata Candirejo, Menyusuri Indahnya Kampung Jawa

Akses Menuju Lokasi  Puncak Gunung Andong

Akses menuju puncak gunung andong
Akses menuju puncak gunung andong (via windharoma.blogspot.com)

Gunung Andong ini berlokasi di Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Ngablak kabupaten magelang. Jika dari Terminal Tidar-belok kanan di pertigaan setelahnya lampu merah canguk-lalu lanjutkan menuju arah Kopeng/Ketep atau arah ke Pasar Ngablak-Lewat pasar ngablak Lurus terus hingga sampai di gapura yang pertama belok kiri kea rah Grabag (mangli)-kisaran 2meter setelahnya lapangan Ngablak ada pertigaan makam dusun kenteng, dari situ sudah terlihat plang menuju lokasi, ikuti terus arah penunjuk jalan- SD Girirejo 2 (belok kanan)-hingga sampai di dusun Sawit (start pendakian gunung andong).

Dari Arah Utara (Semarang, Ungaran, Salatiga, Solo, Boyolali dan sekitarnya)
Start dari jalan raya Semarang-Solo tepatnya di terminal Pasar Sapi Salatiga
Pasar Sapi → belok ke arah Magelang (jalan raya Salatiga – Kopeng) →Kopeng → lanjut ke arah magelang → Pasar Ngablak (sama seperti di atas)
Dari arah Barat (Grabag, Secang, Temanggung, Parakan, Wonosobo dan sekitarnya)

Start dari Terminal SECANG/simpang 3 Secang
Simpang tiga → Pertigaan KRINCING (pertigaan pertama dari lampu merah ke arah semarang) → Belok KANAN di pertigaan krincing menuju arag Grabag →Pasar Grabag (Perempatan Pasar Grabag) → LURUS terus ke arah MANGLI → MANGLI (BUMI PERKEMAHAN MANGLI) → Naik terus melewati 2 dusun (dusun Mantran wetan dan mantran kulon) → sampai di SD Girirejo 2 (belok kiri) → Sampai lah di Dusun SAWIT. start pendakian Gunung Andong  (sumber http://infopendaki.com/gunung-andong/)

Demikianlah Sedikit Ulasan Tentang Wisata Puncak Gunung Andong Magelang, Semoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Gunung Andong Magelang, Surganya Para Pendaki"