Gunung Rinjani, Pesona alam yang eksotis dan mengagumkan

Lombok memmiliki berbagai tempat wisata yang memamang dikenal dengan keindahan dan pesonanya diantaranya yaitu wisata gunung rinjani, wisata gunung ini merupakan wisata yang dikenal dengan gunung yang menawan dan menantang dari ketinggian, tidak mudah menaklukkan gunung rinjani karena anda harus melakukan pendakiankurang lebih 4kilo meter dan anda harus melewati halangan dan rintangan selama pendakian.

keindahan puncak gunung rinjani lombok
keindahan puncak gunung rinjani lombok






Jika anda ingin melakukan perjalanan ke wisata gunung rinjani , jangan lah sekedar coba-coba anda harus memiliki keyakinan dan nyali yang cukup, kesehatan yang memadai, serta sedikit pengetahuan tentang pendakian gunung.
Wisata gunung rinjai Lombok ini terletak dibagian utara pulau Lombok, yang merupakan salahsatu gunung tertinggi di provinsi nusa tenggara barat dengan ketinggian mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut. Wsata gunung rinjani ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi ke tiga di Indonesia. Konon menurut kisah local yang berkembang, gunung rinjani merupakan istana yang menjati tempat bersemayam ratu  jin yang bernama dewi anjani yang tidak lain adalah puteri seorang raja bernama datu tuan  dan permaisurinya yang bernama dewi mas yang konon ialah penguasa di kerajaan kecil dipulau Lombok.
pesona indah danau segare di gunung rinjani
pesona indah danau segare di gunung rinjani

wisata gunung rinjani tersebut menjadi wisata kebanggaan masyarakat nusa tenggara barat yang menyimpan pesona alam yang mengagumkan, banyak hal menarik yang bisa anda temui di gunung rinjani , seperti kawah, danau, mata air panas, air terjun, goa, panorama kaldera, lubang letusan, puncak hingga aliran lava baru.

Air Terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani 

Beberapa titik di kawasan gunung rinjani menjadi spot wisata faforit yaitu tetebatu, senaru, dan sembalun yang memiliki keindahan pegunungan yang eksitis, tidak hanya itu gunung rinjani ini memiliki sebuah danau yang terbentuk secara alami akibat letusan dari gunung rinjani tersebut, danau tersebut dikenal dengan nama segare yang artinya laut atau lautan kecil dari gunung rinjani.



Desa Sembalun Lawang ketinggian 1200 meter
Danau yang memiliki keindahan yang waw ini oleh masyrakat local sering disebut sebagai laut dikarenakan danau tersebut memiliki air yang berwarna biru dan jernih layaknya air laut asli, danau segare ini memiliki ketinggian kurang lebihnya 2.800 meter dan memiliki berbagai jeniS ikan, seperti ikan mujahir,herper  dan ikan mas, uniknya danau segare ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan ini dulunya dijadikan lokasi pemujaan atau ritual untuk mendapatkan ilmu atau benda-benda sakti.

Spesies monyet di Gunung Rinjani
Spesies monyet di Gunung Rinjani 
Wisata gunung rinjani Lombok ini tak hanya menyuguhkan pesona dan panoramanya yang mempesona namun gunung rinjani ini menghadirkan keindahan dunia flora dan fauna. Di bagian selatan dan barat gunung pada ketinggian 1000 meter hingga 2.000 meter anda akan menjumpai sejumlah tumbuhan yang jarang di temui di dataran rendah diantaranya yaitu Dysoxylum sp, Ficus Superba, serta Pterospermum.
Jika Anda pergi lebih ke atas lagi hingga di ketinggian 2.000 – 3.000 meter, Anda akan menjumpai tumbuhan Cemara Gunung (Casuarina Junghuhniana). Di atas ketinggian lebih dari 3.000 meter, tidak banyak tumbuhan yang hidup selain hamparan rumput dan bunga Edelweiss (Anaphalis Javanica). Jika Anda mengalihkan pandangan ke arah timur, Anda akan menyaksikan pepohonan Akasia yang tumbuh di sana.
Berkemah di Segara Anak Gunung Rinjani Lombok
Berkemah di Segara Anak Gunung Rinjani Lombok 
Wisata gunung rinjani Lombok ini memiliki lebih dari 109 spesies burung, beberapa diantaranya ialah burung yang banyak dijumpai di Australia, ad juga spesies rusa,monyet,dan landak yang bersal dari bali. Jika anda mengunjungi sembulan maka anda akan menemui spesies monyet berekor panjang yang suka menggangu para pendaki, biasanya monyet berekor panjang ini sering merusak tenda pendaki dan mencuri makanan, monnyet ini terkenal cerdas dan berani.

Baca Juga : Gili Meno Lombok, Pulau Kecil Dengan Sejuta Keindahan


Gunung rinjani ini sering dijadikan ajang trekking oleh para pendaki yang menyukai tantangan dan petualangan, mengingat gunung ini mempunyai ssi unik dan pesona alam yang mengagumkan.
Demikialah ulasan tentang wisata gunung rinjani di lombok yang mengagumkan, dilain waktu akan saya bahas juga keindahan wisata lainnya di lombok yang patut untuk dikunjungi, sampai jumpa dan selamat beraktifitas.

sangat berterima kasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share di bawah ini.
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Gunung Rinjani, Pesona alam yang eksotis dan mengagumkan"

Posting Komentar