10 Wisata Kuliner di Jogja, Lezatnya Meledak DiMulut

Kuliner di Jogja - Kota Jogja   merupakan suatu kota yang sangat dikenal hingga ke penjuru Indonesia, kota ini juga dijuluki sebagai kota pelajar, kota budaya, kota seniman dan masih banyak julukan lainnya yang tercipta untuk kota tersebut dan tentunya sebutan tersebut lahir dari apa yang dihasilkannya, di pembahasan kali ini matajatim akan mengupas 10 tempat wisata kuliner yang enak dan wajib anda coba saat berkunjung ke Yogyakarta.

Top kuliner di jogja
Top kuliner di jogja
jika ngomongin kuliner di jogja maka masakan yang paling dikenal ialah Gudeg yang mana makanan tersebut merupakan khas dari kota jogja, jika anda pernah ke kota jogja di sepanjang jalan malioboro dan Keraton anda pasti akan melihat banyak warung penjual Gudeg, dan hal tersebut yang membuat kota jogja dikenal dengan sebutan Kota Gudeg. Bagi anda pemburu masakan enak maka jangan lewatkan 10 tempat wisata kuliner di jogja ini:

1. Gudeg jogja

Kuliner gudeg Di Jogja
Kuliner gudeg Di Jogja
Masakan gudeg merupakan kuliner paling terkenal khas jogja, makanan lezat yang berbahan baku nangka muda ini memiliki rasa yang khas dan lezat, tak sedikit yang bilang Gudeg ini merupakan makan wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke surge wisata di jogja, makanan yang dihidangkan dengan bahan Nangka Muda yang dimasak dalam kuah santan bersama bumbu dan rempah-rempah selama berjam-jam hingga menjadi empuk dan manis, dan biasanya gudeg ini dihidangkan dengan Sambal goring Krecek (kulit sapi) pedas, tahu, tempe bacem, opr ayam, telur pindang dan tak luput juga siraman aren gurih yang menjadi sentuhan ahir dari masakan tersebut, yang mampu menciptakan rasa khas yang menggoda.
Masakan Gudeg ini memiliki 3 macam yaitu Gudeg Kering, gudeg Basah dan Gudeg manggar, untuk mencicipi masakan gudeg di jogja ini anda bisa temukan di sepanjang jalan kaliurang kawasan Barek , Gudeg Batas Kota (Jl. Adisucipto depan Saphir Square) atau penjual gudeg di pasar-pasar tradisional.

2. Sate petir Pak Nano

Kuliner Sate di Jogja
Kuliner Sate di Jogja
Wisata kuliner selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan ialah Sate Petir, sesuai dengan namanya sate ini memiliki rasa pedas yang bikin lidah ketar-ketir, manisnya kecap yang dipadukan dengan pedasnya cabai rawit cincang membuat hidangan sate ini banyak diminati diminati oleh pecinta kuliner terutama yang suka dengan selera pedas, tempat wisata ini terbilang cukup ramai hal tersebut terlihat di area parkirnya selalu penuh dengan kendaraan. Wisata kuliner sate petir ini berlokasi di Jl. Ring Road Selatan 90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

3. Oseng-oseng Mercon

 
oseng-oseng mercon di jogja
oseng-oseng mercon di jogja

Bagi Pecinta Masakan Pedas tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi Oseng-Oseng Mercon yang berada di Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta, Indonesii ini, hidangan nasi putih yang di taburi oseng-oseng super pedas meledak di mulut yang dilengkapi dengan kelezatan kikil yang bercapur racikan bumbu dapur yang special akan membuat lidah anda tidak berhenti bergoyang menikmati sensasi rasa dari oseng-oseng mercon tersebut.

4. Jadah Tempe Mbah Carik

 
Kuliner jedah Tempe Jogja
Kuliner jedah Tempe Jogja

Masakan kuliner di jogja yang memiliki kelezatan rasa yang unik berikutnya yaitu Jadah Tempe Mbah Carik, masakan yang cukup terkenal yang memiliki rasa khas ini dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar , parutan kelapa yang dicampur dengan beras ketan dan racikan bumbu lainnya yang kemudian di kukus selama satusetengah jam di atas tungku, yang kemudian di tumbuk sehingga menciptakan rasa yang khas pada rasa dan aromanya yang menggoda..

5. Ayam Goreng Mbah Cemplung

 
Kuliner ayam goreng mbah cemplung  jogja
Kuliner ayam goreng mbah cemplung  jogja

Jika kebanyakan masakan ayam goreng bernuansa cepat saji dengan menunya ayam krispi namun tidak untuk kuliner yang satu ini, Mbah Cemplung tetap bertahan dengan hidangan ayam goreng rumahan yang tampil sederhana dengan cara tradisional namun untuk rasa ayam krispi pun ia lawan, bagi anda yang suka dengan masakan ayam goreng maka kuliner ayam mbah cemplung ini sangat disayangkan jika anda lewatkan. Kuliner ayam goreng mbah cemplung ini berlokasi di Sendang Semanggi, Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

Wisata Menarik Lainnya: 10 Pantai di Jogja ini Akan Membuat Liburanmu Menyenangkan

6. House Of Raminten

kuliner tradisional jogja
kuliner tradisional jogja
Rumah Makan yang cukup populer di jiogja berikutnya ialah House Of Raminten, rumah makan yang bernuansa tradisional ini menyajikan ragam menu seperti Nasi Kucing, Nasi Cunduk, wedang sereh, tahu bola dan sate lilit, cara penyajiannya pun serba tradisional dan yang tidak kalah menariknya dirumah makan ini di iringi dengan gending-gending musik jawa.

7. Udang Bakar Madu, Banyu Mili

kuliner udang bakar di jogja
kuliner udang bakar di jogja
Rumah makan yang berpadu dengan wisata air ini juga terbilang sangat populer di jogja, dimana para wisatawan bisa menikmati lezatnya  Udang Bakar Madu dengan sensasi manis dan lezat. Kuliner banyu mili ini berlokasi di Perumahan Griya Mahkota, Jl. Godean km 4,5 Kwarasan, Yogyakarta, Indonesia.
Kuliner yang satu ini dikenal dengan menu andalannya yaitu Udang Bakar dan Kepiting Telur, tidak sedikit yang mengatakan rasa udang bakar madunya sangat lezat dan tiada duanya, selain itu juga terdapat menu lainnya seperti Ayam Goreng, Cumi, Gurame dll..

8. Saoto Bathok Mbah Katro

Soato Bathok Mbah Karto
Soato Bathok Mbah Karto
Saoto bathok merupakan masakan kuliner yang memiliki rasa khas dan bernuansa Ndeso dengan view pwmandangan alamnya yang menyejukkan, kuah yang terlihat bening dengan sensasi segar dan tidak berlemak menjadikan cirri khas hidangan saoto bathok ini, saoto bathok ini berlokasi di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta, Indonesia.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Kuliner Di Malang Ini Mampu Memanjakan Lidah Anda

9. Rojo Jengkols

Kuliner Rojo Jengkol's Jogja
Kuliner Rojo Jengkol's Jogja
Sesuai dengan namanya masakan kuliner ini yaitu hidangan Buah Jengkol yang mana di kota jogja cukup sulit untuk mencari menu tersebut, bau yang menjadi cirri khas dari buah tersebut menjadi momok tersendiri bagi para penikmatnya, namun di Rojo Jengkol’s ini pengunjung bisa meniukmati jengkol tanpa harus takut dengan aromanya yang menyengat, kuliner ini berlokasi di Jl. Kabupaten km 2, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

10. Bakmi Jawa Mbah Mo

Kuliner Bakmie Jogja
Kuliner Bakmie Jogja
Masakan kuliner yang terahir yang selalu ramai dan memiliki rasa yang istimewa yaitu Bakmi Mbah Mo, dengan cirri khas kuahnya yang terlihat keruh yang berbahan telor bebek, daging ayam, potongan loncang yang ditaburi dengan berambang goreng yang membuat rasanya nendang di lidah, tidak hanya warga jogja , pengunjung luar kota pun berdatangan untuk menikmati Bakmi-Mbah mo ini, lokasi berada di Dusun Code, Trirenggo, Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Itulah 10 Wisata Kuliner di Jogja yang bisa dijadikan referensi saat berkunjung ke yogyakarta, semoga bermanfaat..

Sangat berterimakasih sekali jika sobat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "10 Wisata Kuliner di Jogja, Lezatnya Meledak DiMulut"

Posting Komentar