Goa Gong Pacitan, Keindahan goa yang memukau

Wisata goa gong pacitan ini adalah salah satu goa di jawa timur yang memiliki keindahan yang begitu memukau, tidak salah jika goa gong pacitan ini menjadi goa ter-indah se asia tenggara. Goa gong ini memiliki panorama yang indah dan stalaktit dan stalagmite yang mampu membuat anda terkagum-kagum akan keindahannya selama menyusuri goa tersebut kurang lebihnya 2jam.
Wsata pantai goa gong ini terletak di kota pacitan tepatnya di dusun pule, desa bomo, kecamatan punung, butuh jarak tempuh 37km kearah barat dari pusat kota untuk mrncapai  wisata goa gong tersebut.
pesona goa gong pacitan
pesona goa gong pacitan


keindahan goa gong yang menawan
keindahan goa gong yang menawan

goa gong pacitan
goa gong pacitan


goa ter indah di jawa timur
goa ter indah di jawa timur



wisata goa gong ini dikelilingi oleh pegunungan , disebelah selatan ialah gunung gunung karang pulut, sebelah timur yaitu gunung gede, sebelah barat gunung grugah, sebelah utaranya ialah gunung manyar,dank e empat gunung yang mengelilingi wisata ini tergolong gunung yang non-aktif.
Wisata goa gong pacitan ini memiliki kedalaman goa sepanjang 256meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit yang berumur ratusan tahun, keberadaan goa gong ini akibat dari aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.


Menurut Warga sekitar nama goa gong sendiri tercipta karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema atau tabuhan seperti gong yang berasal dari dalam goa tersebut, Gong sendiri adalag salah satu alat music tabuh dalam kesenian gamelan jawa, suara gong sendiri adalah hasil pantulan  dari tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmite goa tersebut, bunyi yang terdengar dari goa pun terbilang cukup indah, bahkan jika anda berada dekat di pintu masuk goa gong tersebut.
Jika anda berkunjung ke goa gong pacitan yang memiliki pesona keindahan yang alami ini anda akan diajak menyusuri tangga dan menyaksikan pemandangan yang indah seperti gong cave,  shawel drapery(stalaktit yang mneteskan air),rekahan endapan kalsium,tetesan air dari ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil,dan masih banyak yang lainnya. 

stalaktit dan stalakmit goa gong pacitan
stalaktit dan stalakmit goa gong pacitan
keberadaan stalakmit dan stalaktit di goa gong pacitan ini akan mengalami pertumbuhan memanjag melalui proses alami yang diakibatkan oleh reaksi oksidasi atau reaksi kimia antara udara dengan air, bentuk pertumbuhan stalakmit dan stalaktit di goa ini mencapai hingga 0.1 hingga 0.13 mm per tahun
Diwisata ini anda akan melihat keindahan pilar-pilar stalakmit yang tumbuh menjulag tinggi dan saling bertumpuk satu sama lainnya, tidak hanya itu di goa gong ini anda akan di suguhkan dengan keindahan panorama ukiran batuan yang hidup bersama dengan tetesan air yang tak pernah kering. Anda tidak perlu khawatir akan gelap saat menyusuri goa ini karna di bagian-bagian goa ini telah dilengkapi dengan lampu warna-warniyang turut menambah pesona keindahan dalam goa gong ini.

goa gong dihiasi dengan lampu warna-warni
goa gong dihiasi dengan lampu warna-warni

Ketika anda menyusuri goa ini diharapkan lebih berhati-hati dikarenakan genangan air yang menetes dari stalakmit menjadikan lantai goa ini cukup licin, setelah anda menyusuri goa gong ini dan anda keluar dari goa tersebut anda akan melihat banyaknya pedagang yang melakukan aktivitasnya dengan menjual makanan mulai dari aneka makanan,minuman hingga sofenir foto goa atau lukisan yang bisa anda bawa pulang, umumnya untuk sofenir berkisar antara 50-150rb per item. 
pedagang di area goa gong pacitan
pedagang di area goa gong pacitan


Jika anda ingin menginap di area dekat wisata ini juga tersedia hotel yang bisa anda gunakan.
Demikianlah ulasan tentang wisata goa gong pacitan, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Goa Gong Pacitan, Keindahan goa yang memukau"

Posting Komentar