Explore keindahan dan Legenda Pantai Batu Hiu Pangandaran Disini

Pantai Batu Hiu merupakan salah satu pantai  berlokasi di pangandaran yang memiliki ombak yang cukup besar yang mampu melukis batu-batu karang yang berada di pinggiran pantai sehingga membentuk sebuah sirip ikan hiu, hal tersebutlah yang menjadikan alasan pantai ini bernama Batu Hiu.
Pesona pantai batu hiu pangandaran
Pesona pantai batu hiu pangandaran


Panorama Laut Batu Hiu pangandaran
Panorama Laut Batu Hiu pangandaran


wisatawan pantai batu hiu
wisatawan pantai batu hiu

Pantai batu hiu di pangandaran ini merupakan salah satu destinasi menarik yang patut untuk dikunjungi, di patai ini sobat bisa menyaksikan indahnya panorama laut dengan ombak ganas yang disukai para pecinta fotografi , dan tentunya sobat juga bisa mengabadikan momen-momen unik tersebut.
Pantai batu hiu pangandaran ini juga memiliki ciri khas yang mungkin tidak ada di pantai-pantai lainnya, yaitu pintu masuk utama pantai ini merupaka sebuah goa yang berbentuk kepala hiu besar, ketika sobat memasuki goa seolah-olah anda berada di rahang hiu besar dengan banyak gigi yang tajam yang memberikan sensasi yang mengesankan, pintu masuk ini digemari para wisatawan untuk berfoto-foto narsis berlatar kepala hiu. Menyaksikan pemandangan laut dari atas bukit menjadi hal yang disukai para wisatawan , sobat bisa menyaksikan dan mendengarkan gemuruh gulungan ombak  besar yang menghantam batu karang yang disapa oleh terpaan angin  yang mampu membuat sobat terasa rilex dan betah berada diwisata ini.
Pintu Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran
Pintu Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran

Alamat / Lokasi Pantai Batu Hiu 

Pantai batu hiu ini berlokasi di desa ciliang, kecamatan Parigi,  Kabupaten jawa barat, kurang lebihnya 15km kea rah barat (arah cijulang)  , jika dari pusat kota pangadaran.

Konservasi Penyu di Pantai batu hiu

Penangkaran Hiu Laut Di Pangandaran
Penangkaran Hiu Laut Di Pangandaran
Selain menyuguhkan panorama pantai yang indah diwisata ini sobat bisa berkunjung dan menyaksikan konservasi penyu laut yang berlokasi tidak jauh dari pantai ini , hanya butuh 10menit dengan berjalan kaki sobat sudah bisa sampai di lokasi kelompok Pelestari Biota Laut (KBPL) Batu Hiu, di tempat ini tidsak dipungut biaya, sobat bisa melihat penyu-penyu tersebut dari dekat, namun jika sobat berdonasi untuk aktivitas tersebut , di tempat ini terdapat kotak kayu yang memang ditujukan untuk para donatur.

Sejarah yang Melegenda Pantai Batu Hiu Pangandaran

Selain Kindahan dan keunikan pantai batu hiu ini memiliki Legenda yang mewarnai wisata ini, dan juga banyak mitos dan cerita rakyat yang dihubungka dengan pantai ini.
Menurut cerita rakyat yang beredar di masyarakat dan kalangan wisatawan, bahwa pada abad ke-11 terdapat sejumlah pasukan kerajaan mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede, saat melewati tempat ini mereka memutuskan untuk beristirahat sementara di bukit yang berada di kawasan pantai ini, kemudaian aki dan nini memerintahkan pasukan untuk mencari makanan, dan salah satu dari pasukan tersebut yag bernama Ki Braja Lintang memutuskan untuk mencari ikan di pantai tersebut, dan alhasil Ki Braja mendapatkan se ekor Hiu, namun sang komandan aki dan nini gede menyuruh kepadanya untuk melepaskan ikan tersebut, ketika dilepaskan hiu tersebut berubah menjadi sebuah batu hitam besar yang berbentuk hiu yang terlihat sampai saat ini.

Tiket Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran


  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 3.300,-
  • Sepeda Motor Rp. 7.500,-
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 19.500,-
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 36.000,-
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 51.500,-
  • BUS Kecil/ELP Rp. 80.000,-
  • BUS Sedang Rp. 104.000,-
  • BUS Besar Rp.172.000,-

Demikianlah ulasan singkat tentang keindahan dan Legenda Pantai Batu Hiu Pangandaran, smoga bisa menjadi referensi berlibur anda.

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.
Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

1 Response to "Explore keindahan dan Legenda Pantai Batu Hiu Pangandaran Disini"