Mitos dan keindahan dalam Pemandian Narmada Lombok

Wisata taman narmada di pulau Lombok ini merupakan salah satu wisata yang faforit dan digemari para wisatawan , jika sobat berlibur ke pulau Lombok dan ingin merasakan keindahan taman dan pemandian yang menarik maka datanglah ke taman narmada ini, diwisata ini sobat bisa menyaksikan keindahan taman yang menawan dan juga suasana yang sejuk yang bisa membut anda fres kembali, tidak hanya itu wisata ini juga memiliki kolam renang yang dikelilingi dengan taman hijau yang bisa sobat nikmati sembari mencicipi hidangan masakan yang tersedia di area wisata tersebut.
Selain taman narmada , Lombok juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik yang patut untuk dikunjungi seperti pantai senggigi , pulau gili trawangan , gunung rinjani dan masih banyak lainnya yang akan di ulas di pada kesempatan berikutnya.

keindahan dan sejuknya suasana taman narmada lombok
keindahan dan sejuknya suasana taman narmada lombok

Artikel menarik lainnya : Rafting Sungai Telaga Waja Bali, Uji nyalimu disini!!
Sejarah taman narmada Lombok
Taman Narmada dilombok ini adalah salah satu taman terbesar yang ada di Nusa Tenggara Barat yang terletak sekitar 11 kilo meter sebelah timur kota Mataram. Konon Taman Narmada ini di bangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 masehi. Nama taman ini diambil dari sebuah sungai suci di india, yaitu sungai Narmada. wisata Taman ini juga menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Menurut cerita, ketika Sang Raja sudah terlalu tua untuk melakukan ritual kurban ( pekelem ) ke puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter, raja tersebut  memerintahkan seluruh arsitek kerajaan untuk membawa nuansa Gunung Rinjani ke tengah pusat kota dan menjadikan taman Narmada sebagai miniatur Gunung Rinjani. Perayaan ini dilakukan pada bulan purnama kelima atau sering disebut juga sebagai tahun caka.
kolam air tawar dipercaya membuat awet muda
kolam air tawar dipercaya membuat awet muda

Konsep taman ini berciri khaskan nuansa alam yang eksotik, ditata menyerupai bentuk gunung. Di bagian bawah terdapat tiga kolam yang diairi oleh sumber mata air jernih bagaikan sebuah danau. Jumlahnya yang tiga, sama dengan jumlah Danau Segara Anak di puncak Gunung Rinjani. Di dalam taman ini terdapat sebuah pura bernama Pura Kalasa yang berada di bagian atas. Untuk sampai ke pura ini, anda harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat agar tampak seolah – olah menaiki Gunung Rinjani. Cukup melelahkan untuk sampai ke puncak atas Pura Kalasa. Namun rasa lelah tersebut akan terhapus dengan adanya suasana alam yang masih segar, pepohonan yang rindang dan kolam renang alami dengan air yang jernih. (kutipan dari wisatalombokmurah.com)

Artikel Menarik lainnya: Pemandian Toya Bungkah, Kehangatan di Gunung batur kintamani

Mitos dibalik pemandian air tawar taman narmada Lombok
Selain menyuguhkan keindahan taman wisata ini juga memiliki mitos yang beredar di kalangan wisatawan dan masyarakat sekitar yaitu, air tawar dalam pemandian tersebut dipercaya bikin awet muda, tidak heran jika para wisatawan banyak yang mandi dan membasuh muka dengan tujuan hal-hal mistis tersebut.
keindahan taman narmada di lombok
keindahan taman narmada di lombok

Alamat/lokasi menuju taman narmada
Taman narmada ini berlokasi di desa lembuak, kecamatan narmada, kabupaten Lombok barat, provinsi nusa tenggara barat. Taman yang memiliki luas kurang lebihnya 2ha ini dibangun pada tahun 1727 oleh raja mataram.

Hotel dan Penginapan di Taman Narmada

di area terdekat wisata narmada ini tersedia beberapa hotel yang bisa anda pilih, mulai dari yang biasa hingga yang berbintang , berikut matajatim rekomendasikan buat anda

Fasilitas dan tiket masuk di taman narmada Lombok
Di wisata taman narmada ini sobat bisa menikmati fasilitas seperti taman, kolam dan sumnber mata air yang asli dari gunung rinjani yang dipercaya berkhasiat membuat awet muda, biaya masuk untuk menikmati keindahan taman narmada ini terbilang relative murah yaitu sebesar Rp.10.000,/orang
Demikianlah ulasan tentang Mitos dan keindahan dalam Pemandian Narmada di Lombok, smoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.

Loading...

Berlangganan Gratis via E-mail

0 Response to "Mitos dan keindahan dalam Pemandian Narmada Lombok"

Posting Komentar